Deklarasi Pilgubsu Damai 2024 : Persatuan Islam Sumut Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan

PW Persatuan Islam (PI) bersama kader menyampaikan pernyataan sikap dukung Pemilu Damai 2024.(ist)
PW Persatuan Islam (PI) bersama kader menyampaikan pernyataan sikap dukung Pemilu Damai 2024.(ist)

TajukRakyat.com,Sumut – Pimpinan Wilayah (PW) Persatuan Islam (PI) Persis Sumatera Utara dialog kebangsaan di aula Doktor Kopi, Jalan Selamat Ketaren, Kenangan Baru, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Sabtu (21/9/24) kemarin.

Dialog yang dirangkaikan deklarasi Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) Damai 2024 mengambil thema ‘Menjaga Kondusifitas dan Stabilitas Kamtibmas Dalam Menentukan Ulil Amri Terbaik’.

Ketua PW Persis Sumut, KH M. Nuh, MSP, diwakili sekretaris PW Persis Sumut, Surya Darma, S.Sos mengatakan dialog dan deklarasi ini bertujuhan untuk mengkampanyekan, mengedukasi dan memberikan wawasan kebangsaan kepada publik khususnya kader Persis, terkait pentingnya menjaga stabilitas Kamtibmas jelang Pilgubsu.

“Kita sepakat mendukung Pilgubsu 2024 yang damai, aman dan kondusif. Kita wajib berkontribusi menciptakan kesejukan, bersikap netral dan menghindari perpecahan ditengah masyarakat,” ucap Surya Darma.

Acara deklarasi diawali pemaparan materi ‘Wawasan Kebangsaan di Era Digital’ oleh Dr. Danny Abrianto, S.Th.I, M.Pd.

Baca Juga:   Sindikat Narkoba Lempar Bungkusan Sabu ke Lapas Tanjungbalai, Nyangkut di Kawat

Tujuhan wawasan kebangsaan untuk memberikan pencerahan kepada kader Persis Sumut terkait pentingnya menjaga persatuan, kesatuan dan kondusifitas ditengah masyarakat jelang Pilgubsu 2024.

Dr. Danny menjelaskan tujuan wawasan kebangsaan adalah untuk mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang mengutamakan kepentingan Nasional dari pada kepentingan perorangan, dan kelompok.

Kepentingan tersebut (kelompok) kata dia, tetap dihargai agar tidak bertentangan dari kepentingan Nasional.

Diera digital, lanjut Dr. Danny, Media Sosial (Medsos) merupakan bagian dari tantangan keberagaman.

Sebab, Medsos salah satu alat penyebar permusuhan dalam bentuk berita hoaks dan meme yang dapat memicu konflik.

Selain itu, Medsos juga dapat membuat oknum atau kelompok intoleransi dan radikalisme menyebarkan paham radikal yang akhirnya mengganggu kekondusifan ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga:   Ketua PWI Sumut Buka Pelatihan dan Orientasi Anggota Muda : Fokus Peningkatan SDM Wartawan

“Kita harus bisa bijak mengunakan Sosmed supaya terhindar dari Hoaks. Hati-hati dengan Hoaks,” pesan Dr. Danny.

Dikesempatan itu, Surya Darma menyampaikan pernyataan sikap diantaranya Persatuan Islam (PI) Sumut komit menjaga dan mengawal Pilgubsu 2024 agar berjalan aman, damai, jujur, adil dan bermartabat.

Mengajak masyarakat Sumut berpartisipasi aktif mendukung dan mensukseskan Pilgubsu Damai 2024.

Mengajak masyarakat Sumut menggunakan hak pilihnya dengan penuh tanggung jawab.

Mengajak semua pihak di Sumut ikut aktif melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap setiap tahapan Pemilu agar berjalan sesuai aturan, damai, jujur, adil dan bermartabat.

Mengajak semua pihak dan pemangku kepentingan, Paslon, Timses dan Parpol bersikap sportif dan taat aturan, tidak memanfaatkan isu Agama dan Sara sebagai bahan kampanye negatif.

Mengajak lapisan masyarakat Sumut menjadikan Pilgubsu sebagai pesta demokrasi yang menjunjung perbedaan pilihan namun tetap mejaga persatuan dan persaudaraan.

Baca Juga:   Hari Ibu, IKWI Sumut Gelar Berbagai Lomba

Surya Darma menambahkan PI Sumut terus berkoordinasi ke daerah untuk menyuarakan Pemilu damai, agar tercipta kondusifitas di Sumut yang selama ini telah terjaga.

Dia juga menyatakan pihaknya netral, yang bertujuan untuk menghindari gesekan di tengah masyarakat.

Bahkan, Surya juga menegaskan pihaknya akan mengecek postingan yang dikirim di group.

Apabila ada unsur hoaks kata Surya, pihaknya akan menyampaikan bantahan ke Kominfo.

Acara deklarasi yang dihadiri Persistri (Persatuan Islam Istri), Pemuda Persis, dan Himpunan Mahasiswa Persis (Hima) dirangkaikan pembagian paket sembako kepada kader.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *