Perguruan Panca Budi Medan Peringati Tahun Baru Islam 1446 Hijriah

Siswa Panca Budi Medan saat memperingati tahun baru islam 1446 Hijriah/ist
Siswa Panca Budi Medan saat memperingati tahun baru islam 1446 Hijriah/ist

 

TajukRakyat.com, Medan
Perguruan Panca Budi Medan menggelar peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah di Masjid Jami’ Darul Amin Surau Bawah Panca Budi pada Jumat (9/11). Acara ini diikuti oleh peserta didik dari unit SMP, SMA, dan SMK serta dihadiri oleh Kepala Sekolah se-Perguruan Panca Budi, para pegawai, dan guru.

Peringatan ini bertujuan untuk memaknai momentum 1 Muharram sebagai bulan yang mulia dalam kalender Islam. Dalam ajaran Islam, bulan Muharram dikenal sebagai salah satu dari empat bulan suci atau al-asyhur al-hurum, di mana umat Islam dilarang berperang. Rasulullah SAW menyebut Muharram sebagai bulan yang paling utama setelah Ramadan, menjadikannya waktu yang tepat untuk refleksi dan memperbaiki diri.

Baca Juga:   Pesan Buruh untuk Prabowo Subianto, Presiden Terpilih 2024

Acara ini diawali dengan doa yang dipimpin oleh Ustaz Susanto dan dilanjutkan dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Kepala Sekolah SMP Panca Budi, Dr. Hernawan Syahputra Lubis, MA, menyampaikan sambutan mewakili Kepala Bidang Pendidikan Perguruan Panca Budi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, guru, siswa, serta keluarga besar Perguruan Panca Budi yang telah bekerja keras dalam menyukseskan acara ini. Ia juga menekankan bahwa peringatan Tahun Baru Islam bukan hanya sekadar perayaan pergantian tahun, tetapi juga kesempatan untuk memperbarui niat dan semangat dalam menjalani kehidupan sesuai ajaran Islam.

Baca Juga:   Puluhan Jukir Demo : Massa Minta DPRD Medan Panggil Walikota untuk Batalkan Perwal Parkir Langganan

“Semoga dengan peringatan ini, kita semua, khususnya para siswa, dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, memperkuat ukhuwah Islamiyah di antara kita, serta menanamkan nilai-nilai keislaman yang kokoh dalam diri kita, sehingga kita dapat menjadi generasi yang unggul dan berakhlak mulia,” ujarnya.

Kegiatan peringatan 1 Muharram ini diisi dengan ceramah oleh Ustaz Susanto, S.Th.I., yang juga merupakan guru di SMK Panca Budi Medan. Dalam ceramahnya, Ustaz Susanto mengupas makna 1 Muharram dan berbagai kaidah yang terkandung di dalamnya, yang dapat menjadi pedoman bagi umat Islam untuk menjadi lebih baik di masa mendatang.

Baca Juga:   Tawuran Kembali Pecah di Belawan, Pos Kamling Dirusak

Acara peringatan berlangsung dengan khidmat, dengan siswa-siswi serta guru yang mendengarkan ceramah dengan penuh perhatian. Suasana penuh hikmah terasa hingga akhir acara, menjadikan peringatan Tahun Baru Islam di Perguruan Panca Budi sebagai momen penting untuk merenungkan dan memperkuat nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *