Cara Lain Helanuansa Rayakan Kemerdekaan RI

Helanuansa Rayakan Kemerdekaan Rilis Jelajah/ist

TajukRakyat.com- Menggamit seorang solo vokal, Syifa Mashita, band alternative-rock Kota Medan, Helanuansa kembali meluncurkan singel terbarunya bertitel “Jelajah”. Singel yang dirilis pada 16 Agustus 2023 ini, adalah cara lain Helanuansa untuk merayakan HUT Kemerdekaan ke-78 RI.

Dilihat dari akun instagram @helanuansa, singel “Jelajah” merupakan materi 3 tahun yang lalu saat band yang kini berformasikan, Haykal (vokal/gitar), Fariz (bass) dan Iqbal (drum) berkolaborasi dengan beberapa teman kreatif untuk menggarap lagu yang dikemas dalam video lirik bertemakan lansekap Indonesia dengan ragam panoramanya.

Namun, lagu ini waktu itu belum sempat dirilis secara massal. Pada 16 Agustus 2023, band ini akhirnya melepas “Jelajah” ke berbagai kanal musik digital.
“Bagi kami lagu ini merupakan bentuk selebrasi perayaan peringatan tujuh belasan, pula sebagai renungan mampukan kami untuk selalu bersyukur saat menikmati beberapa panorama ciptaan tuhan di bumi Indonesia,” tulis unggahan di akun instagram @helanuansa.

Baca Juga:   12 Gerai McDonald's Tutup, Diduga Masalah Kebersihan Jadi Penyebab

Seperti diketahui, Helanuansa sendiri terbentuk akhir 2016. Haykal (vokal/gitar) dan Fariz (bass) yang pernah tergabung di band yang sama punya ide untuk buat projek baru. Kemudian mereka mengajak gabung Egi (gitar).

Pada 2017 mereka langsung menyapa penikmat musik Medan dengan singel ” Awal Hari” berserta video musiknya. Mendapat respons positif, mereka melanjutkan dengan album penuh perdana bertitel “Terbitlah Terang” yang dirilis pada 2019.

Namun, saat album ini dirilis, Egi memilih keluar dari Helanuansa. Haykal dan Fariz kemudian menambah amunisi baru di lini drum yang diisi oleh Iqbal. Bagi Helanuansa, Iqbal sebenarnya bukan orang baru. Karena Iqbal sebelumnya juga sudah menjadi additional player saat Helanuansa tampil.

Baca Juga:   Komplotan Maling Besi di Perumahan Diciduk Setelah 2 Bulan Buron

Band ini banyak dipengaruhi band-band alternarif era 90an seperti Foo Fighters, The Smashing Pumpkins, Padi, Dewa, Sheila On 7 dan Noah. Sedangkan filosopi Helanuansa diambil dari dua kata yakni Hela dan Nuansa. Hela yang berarti proses keluar-masuk sedangkan Nuansa lebih ke perasaan seperti sedih, senang, duka dan lara.

“Jadi Helanuansa bisa diartikan proses mengeluarkan inspirasi dan membuat inspirasi baru. Nama Helanuansa ini sebelumnya sudah disepakati oleh para personel hasil seleksi dari 30 nama yang diajukan ketiga personel saat itu,”ucap Haykal dalam sesi wawancara dengan Analisa beberapa waktu lalu. (SM)

Baca Juga:   Tandai 50 Tahun Berkarya, God Bless Lepas Album "Anthology"

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *